Rating “Punishing : Gray Raven” Turun Drastis di Playstore. Ini 3 Penyebabnya

Rating “Punishing : Gray Raven” Turun Drastis dari 5.0 ke 3.1 di Playstore. Ini Penyebabnya

Punishing : Gray Raven (PGR) adalah sebuah game mobile bergenre action role-playing yang kehadirannya sangat diantisipasi oleh para pencinta game, khususnya penikmat game mobile dengan combat yang epic. Game yang dikembangkan dan diluncurkan oleh Kuro Games ini pertama kali dirilis di Cina awal Desember tahun 2019 dan bertahan sampai hari ini dengan mendapat banyak sekali respon positif dari para pemainnya.

Kabar gembira dari Kuro Games dengan perilisan versi Global dari game ini membuat para gamers excited menanti perilisannya. Terbukti dari jumlah pre-register yang melebihi milestones tertinggi yang dibuat oleh Kuro Games sendiri yaitu 500 ribu dengan total lebih dari 700 ribu komandan – sebutan untuk para pemain PGR – yang siap menginstall PGR saat perilisan tanggal 16 Juli kemarin.

Punishing : Gray Raven (PGR)

Dengan banyaknya antisipasi dari para komandan ini, pra registrasi PGR mendapatkan rating sebesar 5.0 di Playstore dan saat official launch PGR berhasil menduduki top 10 free game app chart di berbagai wilayah, sungguh pencapaian yang fantastik, bukan? Namun, hal ini tidak bertahan lama. Tepat 4 hari setelah perilisannya, rating PGR di Playstore turun drastis hingga ke angka 3.1. Kok bisa?

Penyebab Punishing : Gray Raven Rating Turun di Playstore

Berikut penulis rangkum alasan rating mengapa game Punishing: Gray Raven (PGR) turun drastis rating reviews di Playstore berdasarkan komplain para komandan atau player penikmat global version dari PGR.

  1. Ketidakadilan Jumlah “Hadiah” yang Didapatkan Server Global Dibandingkan dengan Server Cina

Perlu diketahui, dalam game PGR ini para komandan memiliki novice mission yang mana setiap harinya para komandan akan diminta menyelesaikan misi-misi tertentu yang jika diselesaikan akan mendapatkan reward. Namun, setelah ditelusuri para komandan server global, jumlah black card yang didapatkan server global lebih sedikit dibandingkan dengan server Cina. Black card ini merupakan currency dalam game PGR yang bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan, terutama untuk gacha. Yah, game ini memiliki sistem gacha untuk para komandan yang ingin mendapatkan karakter diluar dari karakter starter yang diberikan secara gratis diawal game.

Kuro Games merespon masalah ini dengan mengatakan bahwa, server global mendapatkan secara exclusive sebuah hadiah berupa “skin” untuk karakter Nanami yang di server Cina dijual dengan harga 1000 black card. Jadi, hadiah dari novice mission baik di server global maupun server Cina adalah sama namun penyampaiannya saja yang berbeda. Hal ini sontak membuat banyak komandan tidak setuju. Pasalnya, untuk sebagian komandan, terutama yang tidak menggunakan karakter Nanami, merasa skin ini tidak berguna sama sekali dan hal itu merugikan mereka, apalagi para komandan yang membutuhkan banyak black card untuk keperluan lainnya.

  1. Pembelian Monthly Pass yang “Nanggung”

Seperti yang telah penulis jelaskan di point sebelumnya, game ini merupakan sebuah gacha game yang mana in app purchase akan disediakan untuk para komandan yang menginginkan karakter tertentu. PGR memperkenalkan monthly pass A yang bagi sebagian banyak orang merupakan pembelian yang worth it karena memberikan total 3300 black card selama 1 bulan dengan membayar 30 rainbow cards. Terus masalahnya dimana nih?

Ada beberapa pilihan bundle dalam pembelian rainbow cards seperti yang ditunjukkan di gambar berikut.

Sudah tau masalahnya belum? Yap, tidak adanya pilihan pembelian 30 rainbow cards dalam server global disaat server lainnya memiliki opsi tersebut. Para komandan yang ingin membeli monthly pass A terpaksa, mau tidak mau harus membeli bundle yang lebih besar, yaitu 34 rainbow cards.

Untuk masalah ini, Kuro Games mengeluarkan solusi dengan memperkenalkan monthly pass C dengan harga 28 rainbow cards, yang bundle-nya dijual dengan harga $4.99. Total black cards yang akan didapatkan hampir sama dengan monthly pass A minus total black cards yang jika dijumlahkan kira-kira sama dengan 2 rainbow cards. Pembelian monthly pass A dan monthly pass C tidak bisa digabungkan, yang artinya hanya satu monthly pass yang bisa aktif dalam kurun waktu 1 bulan.

  1. Event Pertama yang Tidak “Free to Play Friendly”

Energy Recover Operation merupakan event pertama pasca perilisan Punishing: Gray Raven  (PGR) di server global. Event ini cukup sederhana, para komandan akan dihadapkan dengan daily tasks yang sangat mudah untuk dilakukan yang akan memberikan sejumlah cell batteries untuk mengaktifkan detector yang akan melakukan scan. Setiap scan yang dilakukan akan mendapatkan detect points yang berbeda-beda totalnya tergantung “keberuntungan” komandan. Kemudian, komandan bisa mengklaim hadiah berdasarkan milestones yang dicapai.

Namun, untuk mencapai semua hadiah yang ditawarkan dalam waktu hanya selama 15 hari, hal ini dianggap cukup mustahil dan demi mencapai hadiah tertinggi dari event ini, banyak komandan yang membeli cell batteries menggunakan black cards dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, black cards identik dengan pembelian dengan uang asli sehingga banyak yang menyayangkan event kali ini dan menganggap event ini adalah scam.

Kuro Games dalam blog nya langsung mengeluarkan pernyataan berupa permintaan maaf atas kurangnya pemikiran lebih dalam untuk desain dari event ini dan menjawab kekesalan komandan yang free to play dengan memperpanjang durasi event menjadi kurang lebih 3 minggu.

Meskipun minggu pertama perilisan PGR di server global cukup menuai kontroversi dan drama, PGR sendiri merupakan game yang secara gameplay, desain,cerita, combat, karakter dan keseluruhan sangat baik dan sangat menyenangkan untuk dimainkan. Penulis berharap drama dari PGR ini akan segera berakhir dan game ini akan terus berkembang ke arah positif, karena penulis sendiri adalah penikmat game ini dan akan melakukan review Punishing : Gray Raven (PGR) dari sisi komandan  di postingan berikutnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca!