Contoh Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Online 2021

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Online - Pandemi yang melanda dunia sejak 2 tahun terakhir mengubah hampir kebanyakan dari kebiasaan hidup kita. Hampir semua kegiatan diubah menjadi ke arah digitalisasi, tidak terkecuali dengan kegiatan pencarian kerja.
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Online - Pandemi yang melanda dunia sejak 2 tahun terakhir mengubah hampir kebanyakan dari kebiasaan hidup kita. Hampir semua kegiatan diubah menjadi ke arah digitalisasi, tidak terkecuali dengan kegiatan pencarian kerja.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Online – Pandemi yang melanda dunia sejak 2 tahun terakhir mengubah hampir kebanyakan dari kebiasaan hidup kita. Hampir semua kegiatan diubah menjadi ke arah digitalisasi, tidak terkecuali dengan kegiatan pencarian kerja. Dengan maraknya penerapan Work From Home (WFH) dan pekerjaan dialihkan ke sistem online, banyak perusahaan yang mengharuskan para pencari pekerjaan untuk mengirimkan berkas-berkas mereka melalui e-mail, salah satunya Surat Lamaran Kerja. 

Untuk para fresh graduate, cara menulis surat lamaran kerja online ini cukup tricky ya. Gimana sih cara menulisnya dengan benar? Apa saja sih yang harus diperhatikan? Yuk, simak poin-poin yang akan penulis sampaikan berikut agar kita bisa sama-sama belajar untuk menulis surat lamaran kerja online yang baik!

1. Baca Lowongan Pekerjaan dengan Seksama

 

Hal pertama yang sangat wajib diperhatikan sebelum menulis surat lamaran kerja adalah mencari dan menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan background dan kemampuan kita. BUT, tidak pernah ada larangan (kecuali pihak perusahaan mengatakan demikian ya hehe) untuk melamar pekerjaan yang kamu secara pribadi cukup tertarik dan mampu untuk lakukan. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah beberapa poin-poin seperti, deskripsi pekerjaan, kebutuhan perusahaan terhadap pelamar, alamat e-mail yang bisa dituju untuk mengirimkan lamaran pekerjaan, subjek e-mail lamaran kerja, berkas-berkas lainnya yang perlu dikirim bersamaan dengan surat lamaran kerja, dan deadline pendaftaran. Jika semuanya telah kamu baca dengan benar dan kamu yakin bisa melamar pekerjaan tersebut, SELAMAT! mari kita lanjut ke poin berikutnya. Terus baca sampai selesai ya.

2. Tulis Alamat Email yang Dituju dan Subjek dengan Tepat

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Online

Melanjutkan poin sebelumnya tentang cara menulis surat lamaran kerja online, mari kita mulai membuat e-mail kita. Setelah membaca lowongan pekerjaan dan menemukan alamat serta subjek e-mail-nya, mari kita mulai menulis surat lamaran kerja kita. Masukkan alamat e-mail perusahaan dan tulis subjek sesuai dengan pekerjaan yang kita lamar. Formatnya biasanya tergantung perusahaan masing-masing. Hal ini sangat penting, karena dengan memasukkan subjek yang benar, perusahaan akan membaca email-mu dengan baik dan bisa melanjutkan surat lamaranmu ke tahap seleksi berikutnya. Jika subjek ini kamu tulis sembarangan atau tidak menunjukkan kejelasan, perusahaan bisa saja tidak menghiraukan surat lamaranmu. Jangan sampai itu terjadi ya.

3. Paragraf Awal Dimulai dengan Perkenalan Diri 

Mari kita masuk ke bagian isi dari surat lamaran kerja online kita. Ada baiknya di paragraf awal kita memperkenalkan diri dengan baik. Gambarkan tentang dirimu dengan singkat dan mengesankan. Ingat, paragraf awal ini bisa jadi first impression perusahaan terhadap kamu loh, jadi kamu bisa mempromosikan dirimu dengan baik disini. Selain memperkenalkan diri, paragraf awal ini juga bisa berisi apa tujuan kita mengirim email ini dan dari mana info lowongan pekerjaan ini kita dapatkan. Kalau kamu mendapatkan info lowongan pekerjaan dari pegawai perusahaan ini, boleh juga kamu cantumkan nama dan hubungannya dengan kamu ya, anggap saja itu salah satu rekomendasi yang kamu dapatkan, dan perusahaan bisa menanyakan tentangmu kepada orang tersebut.

Disini penulis akan menunjukkan contoh paragraf awal, dengan catatan kamu bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu ya.

Salam hormat Bapak/Ibu HR Perusahaan ABC

di

tempat

Perkenalkan, nama saya (namamu), lulusan (gelarmu/jurusan dan universitas). Saya menemukan lowongan pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di perusahaan yang bapak/ibu kelola melalui (asal info) dan saya sangat tertarik untuk bisa mendaftarkan diri saya sebagai salah satu calon kandidat. Saya memiliki kemampuan di bidang (skill-mu) dan saya yakin memiliki kualifikasi untuk bisa mengisi posisi yang bapak/ibu tawarkan di lowongan pekerjaan ini. Saya juga (kamu bisa menuliskan pengalamanmu dibidang yang sesuai dengan kebutuhan posisi yang dilamar, tapi ingat secara singkat, padat dan jelas ya!)

4. Melampirkan Berkas-Berkas Pendukung

Setelah menyelesaikan paragraf pertama, kita bisa melanjutkan ke paragraf berikutnya, yaitu melampirkan berkas-berkas pendukung untuk meningkatkan kualitas kualifikasi kita. Berkas-berkas ini terkadang telah disebutkan di lowongan pekerjaan dan kita tinggal mengirimkan sesuai dengan yang diminta perusahaan. Namun, jika tidak ada biasanya berkas-berkas tersebut antara lain, identitas diri seperti KTP/KK, ijazah pendidikan terakhir, transkrip nilai, CV dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Beruntung dengan adanya surat lamaran kerja online ini, kita hanya perlu melampirkan berkas-berkas pendukung dalam bentuk scan. Jadi tidak perlu susah-susah fotokopi dan mengirimkan berkas secara langsung nih, hemat dan ramah lingkungan! Untuk penyampaian terkait lampiran di dalam surat lamaran kerja online akan penulis tunjukkan seperti berikut ini.

Adapun bahan pertimbangan untuk menunjang kualifikasi saya di posisi yang saya lamar ini, saya lampirkan, scan KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, CV (dan lain-lain) bersamaan dengan email ini.

5. Akhiri Surat Lamaran Kerja Online dengan Sopan dan Antusias

Kita sudah berada di ujung poin nih. Terkadang kita bingung bagaimana sih cara menutup sebuah surat dengan baik? Penulis menyarankan para pembaca untuk menyelesaikan surat lamaran kerja online nya dengan menunjukkan keantusiasan kita terhadap posisi yang kita lamar dan menyampaikan harapan kita terhadap perusahaan dengan kata-kata yang sopan dan jangan lupa berterima kasih. Salah satu contohnya seperti berikut ini. Oh ya, kalimat ini bisa dituliskan di paragraf yang sama dengan poin sebelumnya ya, agar surat lamaran kita terkesan tidak bertele-tele, singkat, rapi, dan padat.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang bapak/ibu kelola. Saya harap dapat segara mendapatkan kabar baik dari bapak/ibu. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

(Nama)

Hasil akhir dari surat lamaran kerja online versi penulis setelah menerapkan semua poin-poin diatas adalah seperti berikut ini.

Masa pandemi yang masih berlanjut sampai sekarang memaksa kita untuk lebih banyak bersabar dalam mencari pekerjaan karena kebutuhan pegawai yang menurun. Namun, dengan perubahan style kerja menjadi digitalisasi, semoga makin banyak pelamar-pelamar kerja berbakat yang mau belajar dan berkomitmen tinggi untuk perusahaan dapat diterima di posisi yang mereka lamar. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk para pembaca. Semangat untuk kita semua!