7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi
7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

Melalui acara di akhir bulan Juni lalu, Microsoft secara resmi memperkenalkan penerus Windows 10. Sederet fitur baru Windows 11 pun ditunjukan. Diantaranya terdapat beberapa fitur paling diantisipasi.

Setelah Windows 10, Microsoft membutuhkan waktu cukup lama sebelum merilis versi sistem operasi terbaru. Walau begitu, sejak tahun lalu sederet sumber sudah membocorkan akan adanya penerus sistem operasi Windows 10. Sejak saat itu, rumor hingga bocoran tentang Windows 11 terus bermunculan.

Melalui acara besar-besaran pada 24 Juni kemarin, Microsoft akhirnya secara resmi memperkenalkan Windows 11. Pada acara ini diperlihatkan pula sederet fitur Windows 11 baru. Serta informasi mengenai spesifikasi minimal komputer atau laptop untuk bisa mengoperasikan Windows 11.

Windows 11 digadang-gadang akan rilis resmi di bulan Oktober 2021. Meski bisa dipastikan hanya laptop maupun PC rilisan baru yang akan menggunakan sistem operasi ini. Sedangkan update Windows 11 sepertinya baru akan didapatkan pada tahun 2022 mendatang.

Nah, agar tidak makin penasaran, berikut ini ulasan mengenai spesifikasi Windows 11. Serta fitur baru Windows 11 paling diantisipasi.

Spesifikasi Minimal Untuk Windows 11

Microsoft menyebut bahwa nantinya update Windows 11 bisa didapatkan dengan gratis. Terutama bagi pengguna sistem operasi Windows 10.

Untuk itu tidak heran bila spesifikasi minimal bagi komputer agar bisa menjalankan Windows 11 pun sebenarnya tak jauh berbeda dengan pendahulunya.

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat; denga minimal dualcores dengan prosesor 65-bit atau SoC
  • RAM: 4 GB
  • Kapasitas Penyimpanan: 64 GB
  • System Firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module 2.0
  • Graphics Card: DirectX 12 atau lebih baru; dengan driver WDDM 2.0
  • Layar: 720 piksel, 8-bit per color channel, minimal 9 inchi
  • Internet Connection and Microsoft Account: Windows 11 Home akan membutuhkan koneksi internet aktif. Akun Microsoft akan dibutuhkan saat pengaturan pertama kali maupun ketika berganti gadget.

Spesifikasi di atas dibutuhkan pada komputer agar bisa menjalankan sistem operasi Windows 11. Sebenarnya tidak banyak perubahan signifikan antara spesifikasi minimal Windows 11 dan Windows 10.

Walau begitu daftar spesifikasi yang dirilis Microsoft tersebut di atas bersifat sementara. Bukan tidak mungkin akan ada perbedaan saat perilisan resmi Windows 11 nanti.

7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

Microsoft menunjukkan sederet fitur baru Windows 11 pada akhir bulan Juni kemarin. Windows 11 nantinya akan hadir dalam tampilan berbeda. Sekaligus juga mengusung beragam perubahan dibandingkan dengan versi Windows 10 saat ini.

Beberapa fitur baru Windows 11 seperti Microsoft Store yang sudah mendukung penggunaan aplikasi Android. Ini berarti pengguna dapat menginstal dan menggunakan aplikasi seperti TikTok di komputer Windows 11. Keren sekali, bukan?

Microsoft juga menyebut Windows 11 memiliki ukuran 40% lebih kecil dari pada sistem operasi pendahulunya. Sistem operasi ini pun digadang-gadang “the most secure release yet” alias paling aman.

Agar tidak semakin penasaran, berikut ini ulasan 7 fitur baru Windows 11 paling diantisipasi saat perilisan.

  1. Tampilan Interface Mirip MacOS

    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi
    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

    Bagi pengguna sistem operasi Windows, jangan kaget bila nanti Windows 11 memiliki tampilan mirip MacOS. Microsoft merombak interface Windows 11 habis-habisan. Bahkan ikon yang digunakan pun nantinya akan berbeda.
    Taskbar dan Menu Start pada Windows 11 tidak lagi berada di sisi kiri. Microsoft menggeser peletakan Taskbar serta Menu Start pada bagian tengah bawah; Mirip dengan Menu Dock di MacOS.
    Sedangkan pada sisi kanan bawah tetap akan ada ikon menu untuk jam, status baterai, dan koneksi wireless. Hanya saja tampilannya lebih bersih dan minimalis.
    Perubahan interface pun nampak pada tampilan jendela dialog. Jendela dialog memiliki sudut lebih membulat, mirip pada MacOS. Ikon Windows 11 pun didesain flat, serta terdapat pilihan tampilan transparan.

  1. Pilihan Widget

    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi
    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

    Microsoft memang sedikit ketinggalan dalam memberikan fitur ini. Windows 11 nantinya akan hadir dengan pilihan beraneka ragam Widget. Pengguna dapat memunculkan Widget di sisi kiri layar, dengan tampilan transparan. Caranya hanya dengan menekan ikon pada Taskbar.
    Terdapat berbagai Widget berbeda yang dapat dipilih pengguna. Seperti Widget informasi cuaca, kalender, peta, hingga News Feed yang menggunakan teknologi AI.

  1. Snap Layout

    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi
    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

    Fitur baru Windows 11 ini akan sangat membantu untuk multitasking. Snap Layout Windows 11 memudahkan pengguna mengatur posisi atau penempatan beberapa jendela sekaligus.
    Bahkan pengguna dapat membuka 3 jendela dalam satu layar. Serta menggunakan penyusunan berbeda. Misalnya saja satu jendela berukuran besar dan dua lain lebih kecil. Maupun ketiga jendela memiliki besar yang sama.
    Fitur ini lebih canggih lagi karena pengguna dapat menyimpan kombinasi jendela untuk digunakan di lain waktu dengan fitur Snap Group. Tidak perlu lagi mengulang pengaturan yang sama berulang kali.

  1. Kualitas Performance Lebih Baik
    Windows 11 hadir dengan berbagai kemudahan pada fiturnya. Terutama untuk performance. Sistem operasi ini diklaim memiliki kinerja lebih cepat. Mulai dari untuk membangunkan komputer dari mode Sleep, hingga saat digunakan untuk browsing.
    Selain itu Microsoft menghadirkan fitur Direct Storage untuk melancarkan performance saat gaming. Fitur ini membuat penyimpanan game langsung ke graphic card. Sehingga proses loading game pun akan jauh lebih cepat.
  1. HDR Otomatis
    Bagi gamer, Windows 11 akan memberikan berbagai keuntungan. Selain Direct Storage di atas, Microsoft juga menghadirkan fitur HDR otomatis.
    Nantinya game yang dimainkan akan secara otomatis mengadopsi tampilan HDR. Mulai dari kualitas grafik hingga ketajaman warna. Tak kurang akan ada 1,000 judul game yang akan mendukung fitur ini.
    Fitur baru Windows 11 ini memang tidak sepenuhnya asing. Konsol XBox sebelumnya sudah mengadopsi fitur yang sama. Hingga tampilan game seperti Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan Doom 64 jauh lebih apik.
  1. Mendukung Aplikasi Android

    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi
    7 Fitur Baru Windows 11 Paling Diantisipasi

    Ini dia salah satu fitur baru Windows 11 paling diantisipasi. Pengguna Windows 11 akan bisa menginstal dan menggunakan aplikasi Android. Bahkan fitur Snap Layout dan Group pun akan bisa digunakan dengan aplikasi ini.
    Untuk menginstal aplikasi Android, pengguna harus mengunduh dari Amazon Appstore. Fitur ini hadir berkat compiler “Intel Bridge” yang bisa digunakan di komputer prosesor AMD maupun Intel.

  1. Mode Tablet Lebih Baik
    Windows 11 memberikan dukungan pula pada fitur mode tablet. Pengguna yang menggunakan laptop 2-in-1 akan menikmati mode tablet dengan tampilan lebih rapi. Animasi hingga jendela di mode ini pun lebih baik dari versi sistem operasi sebelumnya.
    Microsoft memberikan pula fitur Navigation Gesture untuk mode tablet. Pengguna dapat menggunakan gesture seperti three fingers swipe untuk fitur Snap dan drag down untuk minimize jendela.
    Fitur baru Windows 11 tentu memberikan segala perbaikan dan pembaharuan dibanding sistem operasi versi sebelumnya. Mulai dari Snap Layout sampai performa lebih baik, fitur-fitur keren dari Windows 11 memang sangat diantisipasi. Makin tak sabar menunggu tanggal rilis update sistem operasi ini bukan?